GAME EDUKASI BERBASIS CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB

SEYLA RIZKI AMANDA, EDY RIANTO

Abstract


Abstrak

Berhitung merupakan salah satu pembelajaran yang penting selain membaca dan menulis. Ketika proses pembelajaran berhitung, anak tunagrahita ringan merasa kesulitan dikarenakan kognitif anak berbeda dengan anak normal pada umumnya. Maka, dalam penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang pengaruh game edukasi berbasis CAI (Computer Assisted Instructional) terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan di SLB Harapan Mulia Kab. Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pra eksperimen dengan desain penelitian the one group pre-test post-test untuk memperoleh data. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas I yang berjumlah 6 anak dengan kemampuan berhitung yang masih perlu ditingkatkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji tanda peringkat Wilcoxon.

Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai kemampuan berhitung pada anak tunagrahita ringan dengan hasil tes awal/pre-test dengan nilai rata-rata 40 menjadi 71,6 pada tes akhir/post-test. Selain itu, hasil krisis Tα (table) 5% yaitu 0 yang berarti T=Tα. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh game edukasi berbasis CAI (Computer Assisted Instructional) terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan di SLB Harapan Mulia Kab. Mojokerto.

Kata Kunci : game edukasi, berhitung, tunagrahita ringan


Abstrak Bahasa Inggris

Counting is one of the important skills to be learnt besides reading and writing. In counting learning, light feebleminded children got some obstacles since their cognitive intelligence are different compared to the normal students. This study aims to find out the influence of CAI (Computer Assisted Instructional) based educational game towards light feebleminded students’ counting skill in SLB Harapan Mulia Kab. Mojokerto.

Quantitative pre experiment approach is used on this study, with the one group pretest posttest as the research design to gather the data. The subject of this study are 6 light feebleminded students from the first class which their counting skills is still need to be developed. In analyzing the data, the researcher use Wilcoxon level test analysis.

The result shows increases in terms of the score of the light feebleminded students’ counting skill. The average score in pretest is 40 meanwhile in posttest 71.6. Besides, Tα (table) 5% crisis value is 0 which means T=Tα. It shows that there is influence in the using of CAI (Computer Assisted Instructional) based educational game towards light feebleminded students’ counting skill in SLB Harapan Mulia Kab. Mojokerto

Keywords: Educational game, counting, light feebleminded students’


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.