PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK AUTIS MELALUI IMPLEMENTASI SENAM OTAK ARM ACTIVATION DI TAMAN KANAK-KANAK

TRIANA DEWI SETYANI, FEBRITA ARDIANINGSIH

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak autis yang mengalami hambatan dalam bidang motorik halus. Hal ini terlihat pada kemampuan anak autis di TK Mentari School Sidoarjo dalam menulis seperti tangan anak terlihat kurang mantap dan kaku, dalam menebali garis dan huruf masih belum rapi sehingga masih perlu ditingkatkan. Melalui Senam otak arm activation anak autis dapat mengaktifkan tangan agar mampu merelaksasikan kekakuan pada tangan, sehingga kemampuan menulis permulaan anak meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran anak. Secara khusus (1) Mendeskripsiskan aktivitas guru; (2) Mendeskripsikan aktivitas anak; (3) Mendeskripsiskan hasil belajar menulis permulaan pada anak autis melalui Senam otak arm activation. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas guru dan anak mmenggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan anak. Sedangkan data hasil belajar anak menggunakan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktifitas guru dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 85% dan meningkat menjadi 90% pada ssiklus II; (2) Aktivitas anak setiap pertemuan mengalami peningkatan dimana pada siklus I mencapai 70% dan meningkat menjadi 75% pada siklus II.; (3) Kemampuan menulis permulaan anak autis melalui senam otak arm activation pada anak autis mengalami peningkatan pada setiap pertemuan setiap siklus. Peningkatan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut pada siklus I pertemuan I rata-rata nilai sebesar 58,97% menjadi 76,93% pada siklus I pertemuan III. Pada siklus II pertemuan I rata-rata nilai sebesar 49,83% menjadi 70,5% pada siklus II pertemuan III. Sehingga dapat disimpulkan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak autis melalui implementasi senamotak arm activation di TK Mentari School Sidoarjo dapat dikatakan berhasil.

Kata kunci : anak autis, senam otak arm activation, menulis permulaan







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.