MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN FOTOGRAFI SISWA CEREBRAL PALSY

ANDI IKBAL HIDAYAT, ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract


Keterampilan vokasional yang ada di SMPLB-D YPAC Surabaya yaitu keterampilan fotografi, keterampilan fotografi wajib diberikan kepada semua siswa termasuk siswa cerebral palsy dengan klasifikasi ataxia, paraplegia, spastik dan hemiplegia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model outdoor learning terhadap keterampilan fotografi pada siswa cerebral palsy.

Rancangan penelitian menggunakan pre experimental jenis one-group pretest posttest. Jumlah subyek penelitian sebanyak 8 siswa cerebral palsy. Rata-rata hasil pretest 26,28 dan rata-rata hasil posttest 62,24 dengan pemberian intervensi sebanyak 6 kali pada halaman sekolah. Simpulan hasil penelitian H nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, Z hitung (Zh) = 2,52 lebih besar dari Z tabel (Zt) = 1,96 dengan  = 5 %. berarti terdapat pengaruh model outddor learning terhadap keterampilan fotografi siswa cerebral palsy

Kata Kunci: cerebral palsy, outdoor learning, Fotografi, Ataxia







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.