STUDI DISKRIPTIF PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU DI KELAS PERSIAPAN TKLB

FAQIHATUL ULIYAH, ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract


Metode Maternal Reflektif merupakan metode yang menuntut guru berperan seperti ibu bagi anaknya. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Metode Maternal Reflektif dalam Pembelajaran Berbicara pada Anak Tunarungu di Kelas Persiapan TKLB-B Pertiwi Kota Mojokerto

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SLB-B Pertiwi kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Metode Maternal Reflektif pada kemampuan berbicara anak tunarungu sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan RKH yang dibuat oleh guru dan telah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Untuk hambatanya Metode Maternal Reflektif pada kemampuan berbicara anak tunarungu guru mengalami hambatan dalam sarana dan prasarana. Selanjutnya untuk solusi guru memberikan pembelajaran menggunakan bahasa isyarat dengan baik dan benar.

Kata kunci : Metode Maternal Reflektif, kemampuan Berbicara, Anak Tunarungu


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.