PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL ANAK AUTIS

HESTI FATHUR ROHMAH, SUJARWANTO

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca pemahaman literal anak autis yang masih rendah di sekolah inklusi khususnya di SDN Lemah Putro Sidoarjo dan SDN Percobaan Surabaya. Anak autis lebih cepat menerima informasi jika belajar secara visual dengan salah satunya menggunakan media berbasis ICT seperti vidio atau gambar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca anak autis menggunakan multimedia interaktif berbasis CAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan penelitian pre – eksperimen yaitu one – group pretest – postest. Teknis analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji non-parametrik dengan menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes (Pre – test dan Post - test). Jumlah subyek yang diguakan berjumlah 6 anak autis ringan yang sudah mampu mengoperasikan komputer dan sudah mampu membaca.
Hasil analisis data diatas menggunakan uji non-parametrik dengan menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon. Menunjukkan hasil T (jenjang terkecil) = 0 (nilai min (-) tidak diperhitungkan karena harga mutlak) lebih kecil sama dengan dari Tα (tabel) = 0 dengan nilai kritis 5 %. Maka dapat disimpukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima apabila T lebih kecil sama dengan dari Tα (tabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia interaktif berbasis Computer Assisted Instruction dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal anak autis.

Kata kunci : Multimedia Interaktif, Computer Asssited Instruction ( CAI), Membaca Pemahaman Literal, Anak Autis

ABSTRACT
This research is motivated by the ability to read literal understanding of autistic children who are still low in inclusive schools, especially in Lemah Putro Sidoarjo Elementary School and Surabaya Experimental Elementary School. Autistic children receive information faster when learning visually with one of them using ICT-based media such as videos or pictures. The purpose of this study is to improve the reading ability of autistic children using CAI-based interactive multimedia.
This study uses a quantitative research approach with a research design using pre-experimental research namely one-group pretest - posttest. Technical analysis of data in this study using non-parametric tests using Wilcoxon-marked rank test. Data collected using test techniques (Pre-test and Post-test). The number of subjects used was 6 children with mild autism who were able to operate a computer and were able to read.
The results of the analysis of the data above use non-parametric tests using Wilcoxon-marked rank test. Shows the results of T (smallest level) = 0 (min value (-) is not taken into account because the absolute price) is smaller than Tα (table) = 0 with a critical value of 5%. Then it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted if T is smaller than Tα (table). Thus it can be concluded that the application of interactive multimedia based on Computer Assisted Instruction can improve the ability to read literal understanding of autistic children.

Keywords : Interactive Multimedia, Computer Assisted Instruiction ( CAI), Reading Literal Understanding ,Autistic Children,

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.