Outdoor Learning Berbantuan Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Mengenal Tumbuhan Monokotil Bagi Siswa Tunanetra

CITRA WIDAYAKA, PAMUJI

Abstract


Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam penting untuk diajarkan bagi siswa tunanetra pada jenjang pendidikan dasar yaitu SD dan juga SMP. Proses belajar siswa tunanetra mengalami kesulitan dalam pembentukan konsep dan pengertian sehingga data, pengalaman, dan pengetahuannya sangat terbatas. Diharapkan melalui outdoor learning berbantuan pembelajaran langsung siswa tunanetra mampu menanamkan kesan dalam ingatannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh outdoor learning berbantuan pembelajaran langsung terhadap kemampuan mengenal tumbuhan monokotil bagi siswa tunanetra.

Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experiment jenis one group pre-test post-test design. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui tes. Teknik dalam menganalisis data yaitu analisis data statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian berdasarkan pada nilai Zhitung (Zh) sebesar 2,24 yang berarti lebih besar dari nilai Ztabel (Zt) dengan nilai kritis 5% (untuk menguji dua pihak) sama dengan 1,96, maka terdapat pengaruh yang signifikan outdoor learning berbantuan pembelajaran langsung terhadap kemampuan mengenal tumbuhan monokotil bagi siswa tunanetra.

Kata kunci: outdoor learning, pembelajaran langsung, tumbuhan monokotil, tunanetra




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.