Fungsi Manajemen Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri

QURROTA AYUN, SITI MAHMUDAH

Abstract


ABSTRAK

FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN MENTIKAN 1 MOJOKERTO

Nama : Qurrota A’yun

NIM : 14010044072

Jurusan : S1- Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes

Pendidikan inklusif ialah suatu sistem pendidikan yang memberi layanan yang dapat menjangkau pada setiap peserta didik tanpa terkecuali. Adanya penyelenggaraan pendidikan inklusif seluruh peserta didik dapat menerima pendidikan yang layak serta dapat memenuhi akan layanan yang dibutuhkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan fungsi manajemen pendidikan inklusif di SDN Mentikan 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verivikasi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) fungsi perencanaan (planning) meliputi perencanaan visi, misi dan tujuan sekolah inklusif, serta rencana sekolah jangka panjang, menengah, dan tahunan/pendek. Kemudian sumber daya dana, kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang telah dimodifikasi, silabus dan RPP yang sesuai ketentuan, sumber tenaga pendidik dan kependidikan, serta sumber sarana dan prasarana. 2) fungsi pengorganisasian (organizing) dengan cakupan menentukan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan dengan membentuk panitia penerimaan peserta didik baru yang termasuk peserta didik berkebutuhan khusus, adanya struktur orgasnisasi sekolah, pembagian tugas sesuai struktur organisasi sekolah, serta mendelegasikan guru dan siswa mengikuti kegiatan di luar sekolah. Kemudian pengelolaan penempatan peserta didik sesuai kriteria. 3) fungsi pelaksanaan (actuating) mencakup melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun, menggunakan model, metode, media, sumber belajar, serta pendekatan sesuai dengan karakteristik peserta didik, melakukan kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran sesuai ketentuan, pengarahan warga sekolah agar melaksanakan tugas sesuai kualifikasi, pemberian komando pada warga sekolah, serta pemberian semangat dan motivasi agar senantiasa semangat bekerja sama dalam mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan. 4) fungsi pengawasan (controlling) mencakup adanya pengawasan kinerja, serta adanya pengawasan dari dinas pendidikan namun hanya sekadarnya saja, serta pelaksanaan evaluasi berkala. Adapun kendala yang dihadapi ialah kurangnya guru pendamping khusus dan sarana prasarana bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Kata kunci: fungsi manajemen, pendidikan inklusif, peserta didik berkebutuhan khusus


ABSTRACT

THE FUNCTION OF INCLUSIVE EDUCATIONAL MANAGEMENT AT SDN MENTIKAN 1 MOJOKERTO

Name : Qurrota A’yun

Reg. Number : 14010044072

Study Program/ department : S-1 Special Education

Faculty : Faculty of Education

Institution : State University of Surabaya

Advisor : Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes

Inclusive education is an educational system which gives services to every student without any specific requirements. By the existence of inclusive education, each student can get proper education and services.

The purpose of this study is to describe the function of inclusive educational management at SDN Mentikan 1 Mojokerto. This study is a descriptive qualitative study. To collect the data, the researcher did interviews, observations, and documentations. In analyzing the data, the researcher used descriptive qualitative method: data condensation, data serving, making conclusion, and verifications.

The conclusion of this study shows four function of inclusive educational management: 1) Planning: making vision, mission, purpose of inclusive school, and school preparation for short and long term. Further, funding resources, modified KTSP and 2013 curriculum, syllabus, RPP, teachers, and also facilities. 2) Organizing: considering the human resources and also the activities, by making new students acceptance committee which includes students with special needs. Making school organization and its job list. Delegating teachers and students to participate in outside school. Managing students’ placements based on the criteria. (3) Activating: implementing teaching-learning based on the lesson plan, using method, model, media, source of learning and also approach based on students’ characteristics. Doing an opening and closing for the study time based on the rules. Giving directive, and command for the students to do the task based on the qualifications. Giving motivation and support to reach the objectives of the study. 4) Controlling: Performance supervision, educational department supervision, periodic evaluation. The obstacles are the lack of specific associate teachers and the facilities for students with special needs.

Keywords: function of management, inclusive education, students with special needs.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.