MEDIA AUDIO VISUAL AIDS (AVA) DALAM PEMBELAJARAN VOKASIONAL SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

NOVIA ANGGRAENI NURIDA, ASRI WIJIASTUTI

Abstract


Abstrak:

Pembelajaran vokasional siswa tunagrahita ringan merupakn untuk memberikan bekal keterampilan yang praktis, terpakai, terkait dengan kebutuhan pasar kerja, peluang usaha dan potensi ekonomi atau industri yang ada dimasyarakat. Dilihat dari segi kemampuan siswa tunagrahita ringan maka peneliti menerapkan media pembelajaran Audio Visual Aids (AVA). Media ini dapat diputar kapan saja dan dimana saja, selain itu dapat digunakan berulang-ulang sehingga siswa tunagrahita ringan dapat mengingat materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh media Audio Visual Aids (AVA) dalam pembelajaran vokasional siswa tunagrahita ringan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksperimen dengan desain the one-shot case study dan uji yang digunakan adalah Wilcoxon Uji tanda satu sampel. Subjek pada penelitian ini adalah delapan siswa tunagrahita ringan tingkat SMA di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes perbuatan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara media Audio Visual Aids (AVA) dalam pembelajaran vokasional siswa tunagrahita ringan di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. Tingkat keberhasilan penerapan media Audio Visual Aids (AVA) dalam pembelajaran vokasional mencapai 95% dan tingkat kegagalannya mencapai 5%. Nilai T* dalam hitungan adalah 2,251 lebih kecil dari nilai kritis d 5% yaitu 4,503.

Kata Kunci : Tunagrahita Ringan, Media Audio Visual Aids (AVA), Vokasional

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.