APLIKASI LEARNING COLORS BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA ANAK TUNAGRAHITA

CHOYYIRIN NAFIAH, SITI MAHMUDAH

Abstract


Abstrak: Kemampuan mengenal warna menjadi dasar dalam kegiatan pembelajaran kesenian dan keterampilan untuk dapat meningkatkan daya kreatifitas dan imainasi anak. Maka dari itu pemahaman warna sangat penting untuk diketahui terutama bagi anak tunagrahita. Kemampuan konsep warna memiliki pengaruh dalam perkembangan kognitif, sebab dalam proses pembelajaran yang dilakukan dapat merangsang kemampuan indera penglihatan dan mengembangkan neuron yang ada didalam otak. Maka, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh Aplikasi Learning Colors berbasis android terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita di SLB Al-Azhar Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan rancangan penelitian “one group pre test post test design”. Subjek pada penelitian ini yaitu anak tunagrahita dari kelas 1 dan 2 dengan jumlah 7 orang. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya pegaruh dalam aplikasi learning colors berbasis android terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita di SLB Al-Azhar Waru Sidoarjo. Hasil tersebut didukung dengan hasil dari penelitian yang dilakukan sebelum diberikan treatment yaitu 52,85 dan setelah diberikannya treatment aplikasi learing colors berbasis android meningkat menjadi 81,42. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa T (Jenjang Kecil) = 0 lebih kecil sama dengan nilai krisisi Tα (tabel) 5% = 2 berarti T ≤ Tα. Kata Kunci: Aplikasi Learning colors, Warna, Tuagrahita

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.