ANALISIS LITERASI SAINS PADA SISWA TUNARUNGU TERHADAP KONSEP IPA

FEBRI SETYANINGSIH, SRI JOEDA ANDAJANI

Abstract


Abstrak:

Kemampuan siswa tunarungu dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan mengalami hambatan yang disebabkan keterbatasan memperoleh informasi secara verbal. Kondisi ini yang menjadi acuan untuk menetapkan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kemampuan mengidentifikasi wujud benda dan mendeskripsikan perubahan wujud benda pada siswa tunarungu.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dari Moleong. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dari Miles dan Hubewerman yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tunarungu memiliki kemampuan literasi sains sampai pada tingkat memeanfaatkan dan menuliskan istilah ilmiah serta mendeskripsikan wujud benda serta perubahan wujud benda. Penguasaan siswa tunarungu memiliki kompetensi di atas nilai rata-rata.

Kata Kunci: literasi sains, wujud benda, siswa tunarungu


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.