MODEL PERMAINAN KONSTRUKTIF BERMEDIA LEGO UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU SELF STIMULATION PADA ANAK AUTIS

FAUZUL MUTOHHAROH, YULIYATI

Abstract


Abstrak:

Anak autis mempunyai hambatan perilaku yang berlebihan (excensive) yaitu perilaku self stimulation atau mengulang-ulang jemari tangan secara terus-menerus. Oleh sebab itu diperlukan adanya suatu kegiatan permainan konstruktif untuk meminimalisir perilaku self stimulation pada anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dapat atau tidak model permainan konstruktif bermedia lego dalam meminimalisir perilaku self stimulation pada anak autis.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian single subject research (SSR) atau disebut dengan penelitian subyek tunggal desain A-B. Subjek penelitiannya adalah satu anak autis sedang di ULABK Unesa Surabaya yang sering melakukan perilaku self stimulation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Sedangkan teknik analisis visual meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Berdasarkan data analisis, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan model permainan konstruktif bermedia lego dapat meminimalisir perilaku self stimulation pada anak autis yang sebelumnya dilakukan dengan jumlah durasi 88 – 104 detik dalam waktu 15 menit pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B) mengalami penurunan dengan jumlah durasi 29 – 49 detik dalam waktu 15 menit.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.