METODE FONIK DENGAN MEDIA WORD WALL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KATA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

DEVY ANA ANFAUDYNA, YULIYATI

Abstract


Abstrak

Anak tunagrahita dalam proses pembelajaran membaca kata masih memiliki kesulitan dalam membaca kata terutama kata benda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode fonik dengan media word wall terhadap kemampuan membaca kata anak tunagrahita ringan.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Subjek yang diteliti berjumlah 8 anak. Teknik statistik dalam analisis data penelitian ini adalah wilcoxon macthed pairs. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan data sebelum diberikan perlakuan memiliki nilai rata-rata 55 dan setelah diberikan perlakuan menjadi 91. Pengujian statistik wilcoxon matched pairs dengan manual dan SPSS menunjukkan hasil yang sama dan signifikan yaitu nilai Zh= 2,5 lebih besar dibanding Zt= 1,96. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa ada pengaruh metode fonik dengan media word wall memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal bangun datar siswa tunagrahita ringan.

Kata Kunci : Metode fonik, Membaca Kata, Word Wall, Tunagrahita ringan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.