Mobile Learning Berbasis Android Dalam Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Anak Autis

YUNI AYUNING SURI, SUJARWANTO

Abstract


Abstrak

Anak autis memiliki hambatan pada perkembangan bahasanya. Aspek bahasa sendiri dibagi menjadi tiga yaitu, menyimak, membaca/berbicara, dan menulis. Dalam apek menulis tentunya dibutuhkan kemampuan dalam menyusun kalimat. Anak autis memiliki gaya belajar visual-auditory. Mobile learning berbasis android merupakan suatu media pembelajaran yang disertai dengan gambar/visual dan suara/audio, sehingga dapat mempermudah pemahaman anak autis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan mobile learning berbasis android dalam peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan one group pre test-post test design. Subjek yang terteliti berjumlah 6 anak autis. Teknik pengumpuan data menggunakan tes dan menggunakan analisis statistik wilcoxon matched pairs. Hasil analisis data untuk menguji penerapan mobile learning berbasis android dalam peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis dengan Zhitung (Zh) = 2,52>Ztabel (Zt) dengan nilai signifikansi 5% Zt= 1,96. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa mobile learning berbasis android dapat meningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis.

Kata Kunci : Mobile Learning, Android, Menyusun Kalimat, Autis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.