Pemberdayaan Pemuda Melalui Pelatihan Magang Pembuatan Tas Dalam Meningkatkan Keterampilan Di Karang Taruna Tunas Harapan Tanggulangin Sidoarjo

moch. farid apriliyanto

Abstract


Abstrak


Pemuda sangat berperan untuk membantu perkembangan dunia usaha.Harapan dan keinginan bangsa ini terhadap para pemuda memang cukup besar. Namun pada kenyataannya, banyak pemuda yang kurang menyadari tanggung jawabnya terhadap masa depan bangsa. Mereka justru masih harus didorong agar mampu mengembangkan diri menjadi sumberdaya manusia yang unggul agar memiliki peran signifikan begi kemajuan bangsa. Oleh karena itupara pemuda wajib menyadari sejumlah permasalahan mendasar yang dihadapi oleh bangsa dan negara terutama di bidang perekonomian.


Pada akhirnya, pelatihan akan membantu pemuda ini agar lebih mampu memanfaatkan sumber daya yang dimiliki agar mampu mendapatka produk yang unggul, terutama dalam bidang Usaha Kecil Menengah. Sehingga dalam penelitian ini lebih mengfokuskan penelitian tentang pemberdayaan pemuda ini, peneliti mengambil sumber dari remaja pengganguran yang dibina dalam suatu organisasi Karang Taruna. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) proses pemberdayaan pemuda melalui pembuatan tas diKarang Taruna Tunas Harapan Desa keteganKecamatan Tanggulangin Sidoarjo, dan (2) peningkatan penghasilan pemuda melalui pelatihan dan magang pembuatan tas di Karang Taruna Tunas Harapan Desa ketegan Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Peneliti menggunakan obyek penelitian dengan jumlah anggota 38 orang. Peneliti juga memperoleh sumber data dari tutor 4 orang, dan juga dari anggota Karang Taruna lainnya.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebelum pelaksanaan pelatihan peserta pelatihan ada yang belum memiliki keterampilan di bidang kerajinan kulit, namun sekarang dengan mengikuti pelatihan produk kulit/tas ini mereka mendapat kemampuan atau keterampilan baru tentang cara membuat tas dengan berbagai jenis tas. Tidak hanya hasil saja yang didapat namun juga manfaat setelah pelatihan yaitu peserta memiliki bekal potensi diri yang nantinya dijadikan modal dalam dunia kerja.


 


Kata kunci : Pemberdayaan, Pemuda, Keterampulan, pelatihan dan magang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.