PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK PADA PAUD USIA 4-6 TAHUN DI UPTD SKB PACITAN

FANY RYAN D.L

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan pendidikan karakter di PAUD Putra Agung Pacitan. Yakni, untuk mengetahui strategi penerapan pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian anak pada PAUD usia 4-6 tahun di UPTD SKB Pacitan , Kemudian untuk mendeskripsikan kepribadian anak PAUD usia 4- 6 tahun terhadap pendidikan karakter di UPTD SKB Pacitan, Untuk menguraikan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter guna membentuk kepribadian anak di UPTD SKB Pacitan. Serta untuk menjabarkan faktor pendudukung dalam penerapan pendidikan karakter untuk membentuk kepribadian anak di UPTD SKB Pacitan.


 


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala SKB, tutor dan peserta didik di PAUD Putra Agung Pacitan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. . Kredibilitas dengan kriteria ini data dan informasi yang dikumpulkan harus mengandung nilai kebenaran, yang berarti bahwa hasil penelitian kualitatif harus dapat  di percaya. Dependabilitas adalah kriteria untuk penelitian kualitatif apakah proses penelitian bermutu atau tidak. Konfimabilitas ada kemiripan dengan kriteria dendibilitas, hanya saja kriteria yang menilai kualitas hasil penelitian dengan penulusuaran dan pelacakan catatan/rekaman data lapangan dan koherensinya dalam interpretasi dan simpulan. Transferabilitas hasil penelitian dapat ditransfer atau tidak merupakan pernyataan empiris yang tidak dapat dijawab oleh peneliti kualitatif itu sendiri.


 


Pendidikan karakter di PAUD Putra Agung sudah berjalan dengan baik dimana proses penerapananya dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kepribadian anak sehubungan dengan hasil penerapan pendidikan karakter di PAUD Putra Agung memperlihatkan bahwa kepribadian serta perilaku peserta didik telah mencerminkan kepribadian yang berkarakter. Faktor penghambat yaitu karakteristik dari masing-masing peserta didik yang berbeda-beda, pendanaan masih dibebankan pada pihak sekolah, serta minimnya evaluasi. Faktor pendukung yaitu adanya muatan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah,  kemudian  ada motivasi  dari sekolah, dan sarana beserta prasarana yang menunjang untuk penerapan pendidikan karakter sudah memadai.


 


Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pedidikan Karakter, Kepribadian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.