PELATIHAN KETERAMPILAN HANTARAN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI DAN MEMBENTUK WIRAUSAHA PADA KEAKSARAAN USAHA DI PKBM PERMATA HARAPAN DESA KADEMANGAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

SRI WAHYUNI

Abstract


Abstrak 


Keterampilan hantaran merupakan segala sesuatu berupa benda yang dibentuk, ditata, dikemas, dihias, dalam bentuk bingkisan atau kado yang akan diberikan pada orang lain. ketrampilan hantaran dapat ditingkatkan dalam kegiatan pelatihan. Pelatihan saat ini sering digunakan sebagai cara melatih masyarakat atau sekelompok masyarakat untuk mengurangi kemiskinan karena output dari pelatihan adalah peserta pelatihan yang sudah mendapatkan skill tersebut diharapkan dapat membuka usaha mandiri atau dapat bekerja di suatu instansi yang sesuai. Peserta pelatihan yang ada di PKBM Permata Harapan merupakan ibu-ibu yang mengalami buta aksara dan telah menyelesaikan pembelajaran keaksaraan dasar. Mereka memiliki motivasi dari dalam maupun motivasi dari luar yang sangat rendah untuk dapat membentuk wirausaha.


Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) hasil pelatihan keterampilan hantaran dalam menumbuhkan motivasi pada keaksaraan usaha mandiri (2) dampak pelatihan keterampilan hantaran dalam membentuk wirausaha pada keaksaraan usaha mandiri (3) faktor penghambat pelatihan keterampilan hantaran dalam menumbuhkan motivasi dan membentuk wirausaha pada keaksaraan usaha mandiri dan (4) faktor pendukung pelatihan keterampilan hantaran dalam menumbuhkan motivasi dan membentuk wirausaha pada keaksaraan usaha mandiri.


Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berasal dari  lima peserta pelatihan, dua tutor pelatihan dan penyelenggara sekaligus pengelolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah  melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif melalui tahapan yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan hantaran kurang mampu meningkatkan motivasi berwirausaha namun belum dapat membentuk  wirausaha  warga belajar di PKBM Permata Harapan. Hasil analisis data semua warga belajar mempunyai keinginan untuk berwirausaha sedangkan hanya 2 dari 5 warga belajar yang telah membentuk wirausaha.


Kata kunci : Pelatihan, Motivasi, Membentuk Wirausaha.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.