PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK JALANAN MELALUI PELATIHAN MELUKIS DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI WONOREJO SURABAYA

Moh. Abdul Purnomo

Abstract


Abstrak


Anak jalanan merupakan anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari di jalanan, baik untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalan dan tempat-tempat umum lainnya. Anak jalanan umumnya berasal dari keluarga yang pekerjaanya berat dan ekonominya lemah, akibat berbagai keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, baik di rumah dan di lingkungan sekitarnya untuk dapat bermain dan berkembang sesuai dengan masa pertumbuhannya. Menanggani masalah anak jalanan tidak terlepas dari seorang pekerja sosial untuk melakukan pembinaan agar anak jalanan tidak terjun kejalan dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Pekerja Sosial dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Jalanan melalui Pelatihan Melukis di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo Surabaya.


Metode penelitian ini adalah kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Tempat penelitian di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan koleksi data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.


Hasil penelitian menunjukkan peran pekerja sosial dapat meningkatkan kemandirian anak jalanan dengan dilakukannya beberapa peranan penting dalam memberikan pelayanan sosial kepada anak jalanan melalui pelatihan melukis, yakni peran sebagai pendamping, peran sebagai pembimbing, peran sebagai pengasuh, peran sebagai promotor, peran sebagai pelatih. Adanya pelatihan melukis dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan melukis, dan dapat menjadikan sikap mereka lebih mandiri. Kemandirian tersebut ditandai dengan adanya kemampuan untuk berinisiatif, memiliki rasa percaya diri, mampu mengambil keputusan, bertanggung jawab, dan mampu mengendalikan diri.


Kata Kunci : Peran Pekerja Sosial, Kemandirian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.