PROSES PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA ORANG TUA PEKERJA SEKTOR INDUSTRI DI RA MASYITHOH KECAMATAN BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO

ZAHRIYA FIRDAUS

Abstract


ABSTRAK


 


Bahasa merupakan cara seorang anak dalam mengungkapkan perasaan serta kata-katanya kepada orang lain di sekitar baik secara lisan maupun tulisan yang berpengaruh terhadap cara anak untuk berkomunikasi dan memperoleh ilmu pengetahuan. Bahasa yang di maksud dalam penelitian ini adalah bahasa yang digunakan oleh anak usia dini usia yang memiliki orang tua pekerja sektor industri. Dimana orang tua memiliki sedikit waktu untuk memberikan stimulus atau rangsangan kepada anak dan sering digantikan oleh orang lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahasa anak usia dini pada orang tua pekerja sektor industri yang meliputimemahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan sebagai bentuk pendidikan in formal atau pendidikan di dalam keluarga.


Pendekatan dan jenis rancangan penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data tersebut digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang proses pengembangan bahasa anak usia dini pada orang tua pekerja sektor industri. Teknik analisis data meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kriteria keabsahan data meliputi kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.


Proses pengembangan bahasa anak tidak terlepas dari orang tua yang turut berkontribusi dalam segala aspek yang ada didalam diri anak usia dini (5-6 tahun). Aspek bahasa mencakup mendengar, berbicara dan membaca yang sudah dilakukan dengan baik oleh anak dengan bantuan dari orang tua. Proses yang diberikan oleh orang tua berupa keterlibatan langsung dengan anak ditengah kesibukannya untuk bekerja serta memberikan perlindungan, pengarahan, informasi, hiburan dan peniruan. Jika orang tua tidak dapat terlibat langsung dengan anak ketika bekerja maka orang tua melibatkan pengasuh dalam proses pengembangan bahasa. Hal tersebut dapat membuat anak mempunyai kemampuan bahasa yang baik, senang mendengarkan, dapat menyebut nama, mengerti bentuk pertanyaan, dapat mengajukan pertanyaan, dapat menggunakan kata depan, menyanyikan lagu dan menyampaikan pesan sederhana.


 


Kata kunci : Bahasa anak usia dini, orang tua


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.