PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY ARUMANIS DAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA KESAMBI KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGA

neiliatur fani reziana

Abstract


Abstrak


Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah yang memberikan keterampilan kepada masyarakat dalam upaya pemanfaatan sumber daya alam dan pengembangan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini berdasarkan fokus penelitian adalah mengetahui pelaksanaan program dan dampak program pemberdayaan masyarakat melalui home industry arumanis.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yakni pamong desa, pemilik, dan pelaku usaha di home industry arumanis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi terus terang dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Setelah itu data diuji nilai kebenaranya dengan kredibilitas, dependability dan konfirmability.


Hasil penelitian di dapatkan empat kesimpulan. Pertama  program pemberdayaan masyarakat telah menggunakan pendekatan Pendidikan Luar Sekolah melalui keterampilan dalam pembuatan arumanis yang digunakan sebagai aktifitas produksi sekaligus alternatif lapangan pekerjaan. Kedua telah diketahui dampak dari adanya program pemberdayaan masyarakat melalui home industry arumanis yaitu adanya  pendapatan keluarga. Ketiga, faktor pendukung dan keempat faktor penghambat pemberdayaan masyarakat melalui home industry arumanis.


 


 


Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Home Industry Arumanis, Pendapatan Keluarga   


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.