Pengelolan Program Pelatihan Kerajinan Batik Bagi Ibu-ibu PKK di Desa Betoyo Guci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Ulumil Istifaiyah

Abstract


Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan pengelolaan program pelatihan kerajinan batik bagi ibi-ibu PKK, menggunakan lima fungsi manajemen yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan, dan Evaluasi. Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan keahlian, pengetahuan, dan sikap tertentu dalam proses peningkatan potensi diri sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah. Salah satu pelatihan yang berguna untuk mengembangkan potensi daerah adalah pelatihan pembuatan batik tulis.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan melalui wawancara mendalam, obeservasi partisipan dan non partisipan, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 25 orang peserta dan infroman terdiri dari 1 orang tutor, 5 pengelola, dan 1 orang tokoh masyarakat. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teori , teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program pelatihan kerajinan batik bagi ibu-ibu PKK di Desa Betoyo Guci Manyar-Gresik sudah cukup baik. Di buktikan dengan adanya peserta belajar yang belum bisa membatik dengan baik dan benar sehingga bisa membatik, dengan tujuan awal juga untuk mengembangkan potensi pada peserta belajar dan menjadikan desa Betoyo Guci sebagai desa sentra batik.


 


Kata kunci: pengelolaan program,  pelatihan kerajinan batik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.