PENGARUH PELATIHAN OUTBOUND TERHADAP KARAKTER ANAK JALANAN DI KECAMTAN KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO

Aditya Rizki Ananda

Abstract


ABSTRAK


Anak jalanan merupakan salah satu bagian masyarakat yang tersisih,marginal dan sudah harus berhadapan dengan lingkungan yang keras dan tidak bersahabat. Pada umumnya anak jalanan merupakan anak yang berusia 8-15 tahun yang hidup dan menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalanan maupun tempat-tempat umum. Dalam menangani anak jalanan bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu adanya pihak-pihak yang saling bersangkutan dalam proses pembinaan anak jalanan antara lain dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang efektif dalam proses pembinaan anak jalanan. Pelatihan outbound merupakan bentuk pendidikan luar sekolah dimana metode pembelajarannya dirancang untuk pengembangan diri secara individual dan kelompok, pengembangan tersebut dilakukan  melalui pembentukan­ karakter seseorang untuk lebih terbuka, toleran, menumbuhkan rasa kebersamaan, kepekaan terhadap sesama, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang telah tersedia dalam lingkungannya sebagai media belajar. Maka pelatihan outbound dapat dikatakan sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter anak jalanan. Maka penelitian ini akan membahas tentang pengaruh pelatihan outbound terhadap karakter anak jalanan.


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Serta tekhnik analisis data yang meliputi penilaian hasil tes, uji reabilitas antar penimbang, uji normalitas dan homogenitas. Serta didukung dengan pengujian hipotesis hal ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan karakter anak jalanan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan outbound.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan outbound berjalan sesuai dengan tujuan yang dibuat, hal ini dapat terbuti dengan adanya peningkatan karakter yang terdapat pada anak jalanan antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan outbound. Meskipun perbedaan itu tidaklah signifikan atau dengan kata lain relatif kecil tetapi nilai rata-rata menunjukan bahwa adanya kecenderungan peningkatan karakter anak jalan setelah mendapatkan pelatihan outbound. Dengan mengenalkan pelatihan outbound ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan sifat dan karakter yang lebih baik pada anak jalanan sehingga mereka lebih percaya diri, disiplin, memiliki sifat kepemimpinan, bisa bersosialisasi dengan baik, tanggung jawab, dan memiliki sifat yang jujur.


Kata Kunci : Pelatihan Outbound, Pemberdayaan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.