KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK JALANAN MELALUI BIMBINGAN SOSIAL DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

Melly Agustin

Abstract


Abstrak


Penyelenggaraan pendidikan yang layak bagi masyarakat melalui pendidikan non formal dalam hal ini adalah bagi anak jalanan, bimbingan sosial yang diberikan kepada anak jalanan yang berada di Kampung Anak Negeri yang fokus pada kebutuhan peserta didiknya yang membina anak jalanan melalui belajar kelompok untuk mengembangkan dan mengarahkan pada proses pembelajaran yang fokus pada pendidikan, melalui program bimbingan sosial ini memberikan layanan pendidikan adalah salah satunya, bagi mereka yang tidak bersekolah mengenai pendidikan dasar yakni pendidikan keaksaraan (literasi)


Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian berada di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya. Informan penelitian ini adalah Pembina, Staff, Tutor dan Peserta didik bimbingan sosial . Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, display data, serta verifikasi dan simpulan. Kemudian diuji nilai kebenarannya dengan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan trasferabilitas.


Hasil penelitian ini adalah bahwa Pelaksanaan bimbingan sosial yang ada di Kampung anak negeri kota Surabaya telah dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan oleh bimbingan sosial, sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya pelaksanaan bimbingan sosial ini memberikan perkembangan yang sangat baik terhadap setiap peserta didik. Kondisi awal peserta belum mengenal mengenai kemampuan keaksaraan sehingga mereka dibina dan diajarkan mengenai membaca, menulisa dan berhitung, sampai mereka mengikuti proses pembelajaran bimbingan sosial ini peserta didik mengalami perubahan di dalam kemampuan membaca, menulis dan berhitung yaitu peserta didik sudah mampu dalam hal baca, tulis hitung dengan, peserta didik juga sudah mampu mengaplikasikan setiap pembelajaran yang didapat didalam kehidupan nyata (sehari-hari).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.