Pola Asuh Tarbiyatul Aulad Fill Islam Anak Usia dini 5-6 Tahun dalam Pembentukan Karakter di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Desa Kauman Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

ABD ROHIM NOER

Abstract


Abstrak


Pendidikan karakter sangat penting diberikan pada anak sejak usia dini dan pendidikan pertama adalah dari keluarga, khususnya dari orang tua kandung. Pada kenyataanya banyak orang tua yang tidak sempat mengasuh dan mendidik anaknya karena berbagai kesibukan, oleh sebab itu Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan menjadi pilihan para orang tua tersebut untuk menitipkan anak-anak mereka. Dengan harapan anak memperoleh pola asuh yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak sehingga terbentuk karakterya. Karakter tersebut diantaranya karekter religius, mandiri, disiplin, dan toleransi. Pengasuh santri Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan mengasuh santri dengan pola asuh yang mereka sebut tarbiyatul aulad fill islam (pendidikan anak dalam islam)


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian , dan verifikasi data. Untuk keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan tranferabilitas.


Hasil penelitian ini adalah pola asuh tarbiyatul aulad fill islam yang dilakukan oleh pengasun santri Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan menggunakan 5 (lima) cara yakni 1) mengasuh dengan memberi teladan, 2) menerapkan adat kebiasaan, 3) mengasuh dengan memberi nasehat, 4) memberikan pengawasan, dan 5) memberi hukuman, dari lima cara tersebut ditemukan 2 (dua) pola asuh yakni  pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter, selanjutnya dari dua jenis pola asuh tersebut menggunakan tipe pola asuh authoritatif, tipe otoriter, tipe melebur diri, tipe karismatik, dan tipe pelopor. Kemudian hasil selanjutnya yakni keempat santri yang diteliti, telah menunjukan pembentukan empat karakter selama proses pengasuhan dalam pondok pesantren. Empat karakter tersebut antara lain yakni religius, kemandirian, kedisiplinan, dan toleransi.


 


Kata Kunci : Tarbiyatul Aulad, Pola Asuh, Pembentukan Karakter 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.