METODE LATIHAN PADUAN SUARA PADA SPENSIX CHOIR SMP NEGERI 6 SURABAYA

Rennita Anjar Sari

Abstract


Komunitas kegiatan paduan suara di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi memiliki sumbangsih yang besar terhadap perkembangan paduan suara di Indonesia. SMP Negeri 6 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang berhasil membina kegiatan ekstrakurikuler paduan suara atau yang dikenal dengan nama Spensix Choir. Fenomena ini mendasari peneliti untuk mengkaji lebih dalam tentang perencanaan latihan dan metode latihan yang merupakan pondasi utama dalam pembinaan paduan suara SMP Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) Mendeskripsikan perencanaan latihan yang diterapkan ekstrakurikuler paduan suara SMP Negeri 6 Surabaya. (2) Mendeskripsikan metode latihan yang diterapkan ekstrakurikuler paduan suara SMP Negeri 6 Surabaya.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian, yaitu Tim Paduan Suara SMP Negeri 6 Surabaya. Objek dalam penelitian ini ditekankan pada metode latihan yang diterapkan oleh pelatih Bayu Werdiyanto dalam membina tim paduan suara SMP Negeri 6 Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini melalui dua cara, yaitu : (1)  Sumber Primer, (2) Sumber Sekunder. Pengumpulan data melalui beberapa cara yaitu : (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan dua cara, yaitu : (1) Triangulasi Metode, (2) Triangulasi Sumber. Selain itu peneliti juga menggunakan Analisis kasus negatif.
Spensix Choir memiliki perencanaan latihan yaitu meliputi jadwal latihan rutin dan jadwal latihan tambahan yang diterapkan dalam proses menjelang kompetisi. Perencanaan tersebut diterapkan agar latihan dapat berjalan sesuai dengan program kerja yang telah tersusun.  Bayu Werdiyanto sebagai pelatih ekstrakurikuler paduan suara menerapkan tiga metode dalam melatih tim paduan suara SMP Negeri 6 Surabaya, yaitu : metode linear, metode imitasi dan metode fluktuatif. Dimana ketiga metode tersebut saling berkesinambungan.
Spensix Choir dibentuk sebagai sarana untuk menyalurkan minat dan bakat siswa-siswi dalam bidang olah vokal. Spensix Choir berhasil meraih berbagai prestasi dari kompetisi Regional, Nasional hingga Internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode latihan secara linear, imitasi dan fluktuatif oleh Bayu Werdiyanto sangat efektif dan menunjukkan hasil yang baik, dalam segi teknis maupun non-teknis.

Kata Kunci : Ekstrakurikuler Paduan Suara, Metode Latihan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.