PENCAPAIAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA AUTIS MELALUI EKSTRAKURIKULER MUSIK OKLIK DI SDLB PKK SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Aulia Olivia

Abstract


SDLB PKK Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro menerapkan ekstrakulikuler musik sebagai pengembangan diri untuk siswa autis dengan alat musik daerah Bojonegoro yaitu Oklik. Ekstrakurikuler musik Oklik sebagai wadah pembelajaran musik,  merupakan apresiasi kesenian, dan sekaligus terapi musik. Rumusan masalah  dalam penelitian ini adalah tentang: 1) Proses pembelajaran ekstrakurikuler musik Oklik, 2) Hasil pembelajaran ekstrakurikuler musik Oklik, 3) Kendala pembelajaran ekstrakurikuler musik Oklik pada siswa autis.
Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan objek lokasi penelitian di SDLB PKK Sumberrejo, Jalan raya 1109 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Mengambil objek tentang proses pembelajaran ekstrakurikuler musik Oklik pada siswa Autis. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer yaitu  narasumber utama Istijani selaku Kepala Sekolah dan Ainul Yaqin selaku pelatih ekstrakurikuler musik Oklik, data sekunder berupa dokumentasi pada saat proses pembelajaran dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data dengan triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian tentang proses pembelajaran ekstrakurikuler musik Oklik pada siswa autis yaitu dengan materi pengenalan alat musik Oklik, pembelajaran pola ritmis dan lagu secara individu maupun kelompok dengan menggunakan metode drill, demonstrasi, mentoring dan ceramah serta strategi pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Hasil pembelajaran diambil dari ranah kognitif, psikomotorik dan afektif serta hasil dari aspek psikis dan  motorik siswa autis. Kendala dalam proses pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Kendala internal yaitu rasa percaya diri dan tingkat intelektualitas yang berbeda antar siswa autis. Kendala eksternal yaitu sebagian alat musik Oklik yang kurang layak pakai, waktu pembelajaran yang tidak tepat dan kurangnya disiplin waktu pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran, Ekstrakurikuler musik Oklik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.