PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA KOMUNITAS PADUAN SUARA SURABAYA SINGER DALAM RANGKA KOMPETISI SINGAPORE INTERNATIONAL CHOIR FESTIVAL 2017

SELFI TINARAWATI

Abstract


Surabaya Singer merupakan sebuah komunitas paduan suara yang berdiri sejak tahun 2011 di Surabaya. SS telah banyak meraih prestasi yang baik dalam kompetisi paduan suara. Komunitas ini aktif hingga 5 tahun terhitung sejak 2011 dalam beraktivitas sebagai sebuah komunitas paduan suara membuat SS dikenal namanya di kalangan dunia paduan suara khususnya di Surabaya. Semua prestasi yang telah dicapai diasumsikan tidak terlepas dari manajemen proses latihan yang diterapkan pada komunitas ini.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan fokus masalah dalam penelitian ini yakni penerapan fungsi manajemen dalam rangka kompetisi Singapore International Choir Festival 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana SS menerapkan  fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penggalangan dana.
Penelitian terhadap komunitas SS ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analitis. Metode ini dilakukan melalui pendeskripsian oleh peneliti setelah proses pengumpulan data dengan wawancara, observasi, pengumpulan dokumen serta studi pustaka. Pendeskripsian dilakukan setelah peneliti melakukan reduksi data kemudian verifikasi data. Peneliti melakukan pencocokan teori manajemen dengan fakta data yang didapatkan selama berada di lapangan untuk membuktikan bahwa ada relevansi manajemen yang diterapkan oleh komunitas SS dengan ilmu manajemen yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan fungsi manajemen. Berdasarkan hasil penerapan fungsi manajemen tersebut, komunitas SS memiliki keunggulan dan kelemahan. Berdasarkan analisis SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat) diketahui bahwa SS memiliki kekuatan dari segi sumber daya atau Singers yang memiliki kemampuan rata-rata dalam bernyanyi, selain itu penggerakan dalam penggalangan dana dalam komunitas ini berjalan dengan baik dan didukung oleh seluruh Singers dan juga pengurus. Kelemahan dari penerapan fungsi manajemen pada komunitas ini adalah kedisiplinan Singers untuk dapat berlatih secara full team (satu tim penuh).

Kata Kunci: Fungsi Manajemen, Komunitas


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.