TARI JARAN NGINCIK DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SDN MANGKUJAJAR KEMBANGBAHU LAMONGAN

RIZKY ANI NOVANTIE

Abstract


SDN Mangkujajar merupakan sekolah yang mengadakan ekstrakulikuler tari. SDN ini terlihat berbedah dengan sekolah yang lain dalam hal ekstrakurikuler tari. Di Desa Kembangbahu kebanyakan pembelajaran tari hanya sekedar mengajarkan gerak tari dan melakukan pembenahan. Sedangkan di SDN Mangkujajar guru menggunakan model pembelajaran langsung yang langkah-langkahnya dirasa cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari.
Rumusan masalah yang diambil dari penelitian ini adalah Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SDN Mangkujajar?; 2) Metode apa yang diterapkan dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SDN Mangkujajar? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah serta metode yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SDN Mangkujajar.
Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori, yaitu: teori mengenai pembelajaran, teori model pembelajaran langsung, dan teori metode pembelajaran. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk mendapatkan informasi dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi dan pendokumentasian. Analisis data menggunakan analisis data menurut Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Untuk mendapatan kevalidan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber serta triangulasi metode atau teknik.
Berdasarkan dari apa yang telah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari di SDN Mangkujajar dengan materi tari Jaran Ngincik menggunakan metode pembelajaran langsung. Dimana ada beberapa tahapan yaitu, 1) Pembuka, tahapan mengecek kehadiran serta penyampaian tujuan; 2) Mempersiapkan siswa-siswi dengan melakukan pemanasan; 3) Penyampaian materi tari Jaran Ngincik; 4) Melakukan latihan terbimbing; 5) Melakukan tanya jawab untuk mengetahui seberapa pemahaman siswa-siswi; 6) Penutup yang diakhiri dengan pemberian tugas yang merupakan gerakan lanjutan dari materi gerak yang sudah diajarkan. Dalam proses pembelajaran ini menggunakan beberapa metode, yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode penampilan, metode tanya jawab, metode diskusi, serta metode latihan.

Kata Kunci : Pembelajaran Tari, Model Pembelajaran Langsung, Metode Pembelajaran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.