APLIKASI MUSIK NUSANTARA SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

ARIF SETYAWAN

Abstract


Aplikasi Musik Nusantara merupakan suatu bentuk media pembelajaran berbasis android yang dibantu oleh perangkat handphone/tab. Maka dengan adanya media ini, materi dapat digantikan dengan media handphone/tab tersebut sehingga siswa SMP dapat memahami secara jelas materi tersebut. Melalui wawancara langsung dari beberapa murid disekolah SMPN 1 Tembelang selama kegiatan pembelajaran mata pelajaran seni budaya materi mengidentifikasi musik nusantara di kelas, bahwa siswa mengalami kesulitan belajar untuk memahami materi pelajaran seni budaya yang disampaikan oleh guru, karena dalam materi yang dijelaskan membutuhkan suatu media yang dapat mevisualisasikan jenis dan ragam musik nusantara dengan jelas sesuai indikator pembelajaran yang sedang dicapai.
Dari permasalahan tersebut, diperoleh sebuah alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu aplikasi musik nusantara sebagai bentuk pengembangan media pembelajaran berbasis android materi mengidentifikasi musik nusantara. Selain menghasilkan produk, dihasilkan juga buku petunjuk pemakain program. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model  Research and Development (R&D) menurut Sugiyono.  
Hasil uji validasi ahli materi I memperoleh kategori sangat baik, ahli materi II memperoleh kategori baik, ahli media I memperoleh kategori sangat baik, ahli media II memperoleh kategori sangat baik, hasil uji perorangan dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 90,83% , hasil uji kelompok kecil dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 91%, hasil uji kelompok besar dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 90,16%. Maka dari hasil pengembangan media Aplikasi android mata pelajaran seni budaya materi mengidentifikasi musik nusantara kelas VIII perlu dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar.

Kata Kunci : Pengembangan, Media, Aplikasi Android, Pembelajaran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.