METODE PEMBELAJARAN BIOLA PADA EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL GESEK DI SD LABORATORIUM UNESA SURABAYA

NINIT ESPIRANI

Abstract


SD Laboratorium Unesa Surabaya merupakan salah satu sekolah yang mengadakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya ekstrakurikuler ansambel gesek. Ekstrakurikuler ansambel gesek di SD Laboratorium Unesa Surabaya telah meraih banyak prestasi yang dimulai dari kejuaraan tingkat kota Surabaya, even-even yang diadakan di sekolah maupun di luar sekolah. Fenomena ini mendasari peneliti untuk mengkaji lebih dalam tentang pelaksanaan pembelajaran biola pada ekstrakurikuler ansambel gesek dan metode yang digunakan yang merupakan pondasi utama dalam pembinaan ekstrakurikuler ansambel gesek SD Laboratorium Unesa Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran biola pada ekstrakurikuler ansambel gesek, (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran biola pada ekstrakurikuler ansambel gesek.
Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian, yaitu peserta didik kelas V, pembina ekstrakurikuler ansambel gesek, pelatih ekstrakurikuler ansambel gesek SD Laboratorium Unesa Surabaya. Objek dalam penelitian ini ditekankan pada pembelajaran biola pada ekstrakurikuler ansambel gesek pada  peserta didik kelas V SD yang diterapkan oleh pelatih Muhammad Hafid dalam membina ekstrakurikuler ansambel gesek SD Laboratorium Unesa Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini melalui dua cara, yaitu : (1)  Sumber Primer, (2) Sumber Sekunder. Pengumpulan data melalui beberapa cara yaitu : (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara, yaitu : (1) Triangulasi Metode, (2) Triangulasi Sumber, (3) triangulasi waktu.
Ekstrakurikuler ansambel gesek di SD Laboratorium Unesa Surabaya dibentuk pada tahun 2007. Ekstrakurikuler ansambel gesek diikuti oleh 10 peserta didik yang terdiri dari 10 anggota perempuan. Untuk menjadi anggota ekstrakurikuler ansambel gesek, calon peserta didik harus melewati tahap audisi. Namun ketika mengikuti kompetisi lomba, anggota ekstrakurikuler ansambel gesek harus mengikuti seleksi kembali secara ketat, dengan tujuan untuk mencari anggota tim inti ansambel gesek yang terbaik. Ekstrakurikuler ansambel gesek memiliki perencanaan latihan yaitu meliputi jadwal latihan rutin setiap hari senin pukul 14.00-15.00 dan jadwal latihan tambahan yang diterapkan dalam proses menjelang kompetisi. Perencanaan tersebut diterapkan agar latihan dapat berjalan sesuai dengan program kerja yang telah tersusun.  
Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran biola pada ekstrakurikuler ansambel gesek pada peserta didik kelas V yaitu dengan menggunakan materi pengenalan struktur organologi biola, teknik dasar bermain biola, bermain tangga nada C,D,A,G,F, dan membaca notasi balok serta repertoar lagu biola melalui buku panduan Suzuki Volume 1 yang digunakan sebagai materi pembelajaran untuk kelas dasar (pemula). Pembelajaran biola pada ekstrakurikuler ansambel gesek ini menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, metode drill/latihan, dan metode tanya jawab. Berdasarkan penelitian ini, metode pembelajaran yang paling efektif digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler ansambel gesek adalah metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan/drill.

Kata kunci : Metode Pembelajaran Biola


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.