BENTUK PEMBELAJARAN BIOLA PADA KELOMPOK BIOLA 2 DI ANSAMBEL VOX DEI SURABAYA

ROSA CHRISTINA

Abstract


Musik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia.Musik digunakan secara luas oleh manusia dalam berbagai suasana dan tujuan.Salah satu tujuan yang digunakan yaitu untuk acara-acara peribadatan.Alat musik pengiring dalam sebuah peribadatan identik dengan alat musik organ maupun piano saja, tetapi ada juga gereja yang menggunakan alat musik modern sebagai alat musik pengiring peribadatan. Ansambel Vox Dei Surabaya ini merupakan salah satu contoh dari sekian ansambel musik yang memperkenalkan bahwa musik pengiring dalam sebuah peribadatan tidak hanya berupa alat musik organ atau piano saja, Ansambel ini merupakan ansambel gesek dengan alat musik biola yang sudah melakukan pelayanan diberbagai gereja di wilayah Surabaya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana bentuk pembelajaran biola pada kelompok biola 2 yang diterapkan oleh ansambel gesek Vox Dei Surabaya 2) Kendala apa saja yang didapat ketika para pemain ikut berperan aktif di ansambel gesek Vox Dei. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian adalah Bentuk Pembelajaran Biola pada Kelompok Biola 2 yang diterapkan oleh Ansambel Gesek Vox Dei Surabaya dan subjek penelitian adalah pada keberadaan Ansambel Vox Dei Surabaya. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Untuk memperoleh validitas data yang sah menggunakan kreadibilitas, depenability, dan konfimability. Beberapa metode pembelajaran yang digunakan oleh ansambel Vox Dei antara lain metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode drill/ latihan. Penerapan penggunan metode ini diterapkan oleh ansambel Vox Dei pada saat pemberian materi pada saat latihan berlangsung.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah mengetahui bentuk pembelajaran biola pada kelompok biola 2 di ansambel Vox Dei, penerapan pembelajaran yang dilakukan, materi apa saja yang dipersiapkan untuk melatih para pemain,. Lagu yang digunakan untuk pelayanan juga merupakan lagu yang telah diarransemen ulang oleh seorang arranger yang disewa langsung oleh ansambel Vox Dei, sedangkan untuk mengisi kegiatan latian selama tidak ada proses untuk kegiatan pelayanan yakni dengan berlatih buku Suzuki Violin Volume 1.

Kata Kunci : Bentuk Pembelajaran, Musik Gereja, Ansambel Vox Dei


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.