PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK ANAK USIA DINI DI KELAS FOUNDATION OF MUSIC SEKOLAH MUSIK INDONESIA SURABAYA CABANG NGAGEL

FENYA AYREZ TYAS R

Abstract


Anak usia dini merupakan sosok individu yang sedang menjadi suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Terdapat beberapa aspek perkembangan yang perlu diperhatikan pada anak usia dini yaitu, kognitif, bahasa, sosial, moral, emosi, dan kepribadian serta keterampilan motorik. Upaya pengembangan anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah mempelajari dasar-dasar musik untuk mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Setiap anak mampu mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal dengan mendapatkan stimulasi yang tepat.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) bentuk pembelajaran musik untuk melatih motorik halus di kelas Foundation Of Music Sekolah Musik Indonesia2) kendala motorik halus yang terdapat di kelas Foundation Of Music Sekolah Musik Indonesia. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalahanak usia dini di kelas Foundation Of Music.Pengumpulan data melalui beberapa cara, yaitu: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan type validitas muka.
Motorik halus merupakan gerakan koordinasi mata dan tangan. Pada dasarnya keterampilan motorik setiap anak berbeda-beda dikarenakan mendapat pengaruh dari lingkungan yang berbeda-beda pula. Pembelajaran di kelas Foundation Of Music dapat melatih motorik halus, anak mampu membalik halaman buku dengan baik tanpa bantuan orang lain, menggerakan mata ke kiri dan kanan serta atas dan bawah guna persiapan awal membaca, pada kegiatan menari, mayoritas anak mampu mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan dengan baik.
    
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Motorik Halus, Foundation Of Music


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.