PEMBELAJARAN BIOLA PADA EKSTRAKURIKULER ORKESTRA DI SMP NEGERI 6 SURABAYA

NUR RENA LAILATUL A

Abstract


SMP Negeri 6 Surabaya termasuk satu-satunya SMP Negeri yang menerapkan metode Suzuki dalam pembelajaran biola pada ekstrakurikuler orkestra. Di dalam pembelajaran musik harus melakukan tahapan belajar secara berurutan yaitu: mendengarkan musik, menyanyikan atau menirukan, mengulang terus menerus dan menyempurnakannya. Dari beberapa instrumen orkestra yang menjadi pilihan peserta didik di SMP Negeri 6 Surabaya  yang mengkuti ekstrakurikuler orkestra adalah instrumen biola. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran biola pada  ekstrakurikuler orkestra di SMP Negeri 6 Surabaya; (2) Mendeskripsikan bagaimana penerapan biola pada ekstrakurikuler orkestra di SMP Negeri Surabaya.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatrif. Subjek penelitian, yaitu tim orkestra SMPN 6 Surabaya, pelatih dan pembina. Pengumpulan data melalui beberapa cara yaitu : observasi, wawancara, studi dokumen dan studi kepustakaan. Keabsahan data dalam penelitian kualitatif diproses melalui teknik triangulasi. Anallisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah selesai di lapangaan.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran biola di SMP Negeri 6 Surabaya adalah menggunakan Metode Suzuki yang diajarkan dengan beberapa metode pembelajaran gabungan atau kombinasi anatara metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, metode drill. Penerapan metode pengajaran biola pada ekstrakurikuler orkestra di SMP Negeri 6 Surabaya, yaitu; (1) mendahulukan mendengar musik baru memainkan alat music,dengan cara guru mendemonstrasikan lagu yang dipelajari peserta didik menirukan lagu tersebut; (2) setiap materi diajarkan dengan mengulang-ulang agar siswa lancer memainkan lagu yang dipelajari; (3) pembelajaran membaca notasi balok menggunakan penjarian sesuai yang ada di dalam metode Suzuki sehingga peserta didik lebih mudah; (4) Proses pembelajaran biola di SMP Negeri 6 Surabaya menggunakan beberapa tahapan yaitu diawali dengan penyelarasan nada, latihan tangganada, latihan teknik, pembelajaran menuju materi lagu dan evaluasi.

Kata kunci : Metode Pembelajaran Biola


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.