PENDIDIKAN SENI MUSIK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA GALUH HANDAYANI

RIFQI MUZAKKI SYAH PURA

Abstract


Sekolah luar biasa Galuh Handayani adalah sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Surabaya yang menyelenggarakan pembelajaran seni. Penerapan pembelajaran seni musik di sekolah dasar luar biasa Galuh Handayani Surabaya berbeda dengan sekolah unggulan lainnya. Inilah yang mendasari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan alat dan prasarana seni musik di SD Galuh Handayani Surabaya; 2) untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan seni musik di SD Galuh Handayani Surabaya; 3) mendeskripsikan fungsi pendidikan seni musik di SD Galuh Handayani Surabaya; 4) untuk mendeskripsikan hasil belajar seni musik di SD Galuh Handayani Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan objek penelitian pendidikan musik kesenian di sekolah dasar luar biasa Galuh Handayani Surabaya, lokasi penelitian di Jl. Manyar Sambongan, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60282. Sumber data yang digunakan adalah manusia dan non manusia, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan literatur, analisis data, validitas data menggunakan triangulasi sumber, waktu triangulasi dan metode triangulasi.
Hasil penelitian ini meliputi sarana dan prasarana pembelajaran seni musik di SD Galuh Handayani Surabaya di dua fasilitas sarana dan prasarana pendidikan seni musik. Untuk fasilitas pendidikan umum cukup lengkap dan bagus untuk siswa. Fungsi pendidikan seni musik  dibagi menjadi enam fungsi (1) mengenal lagu daerah Indonesia; (2) mengenal lagu nasional Indonesia; (3) untuk terapi; (4) sebagai media bermain; (5) sebagai media pengembangan bakat; (6) sebagai media komunikasi. Hasil dari pendidikan seni ada tiga prespektif yang pertama hasil pembelajaran kompetensi akademik dan psikomotor yang kedua hasil pembelajaran kompetensi sosial dan afektif yang ketiga hasil kegiatan untuk terapi.
Bedasarkan hasil penelitian penyelenggaraan pendidikan seni musik di SD Galuh Handayani Surabaya mencukupi sarana prasarana pendidikan seni. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan baik diluar sekolah maupun dalam kelas. Fungsi pendidikan seni musik tidak hanya untuk pendidikan formal namun multifungsi. Hasil pendidikan seni musik meliputi komponen-komponen akademik sosial maupun afektif dan psikomotor.

Kata kunci: Down syndrome, pendidikan seni musik, terapi seni musik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.