PERMAINAN BOLA NADA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NOTASI BALOK DI SMP NEGERI 1 GENENG NGAWI

GANDES AYUNING TYAS

Abstract


Pendidikan Seni Budaya di SMP Negeri 1 Geneng Ngawi hanya membelajarkan 3 cabang seni yaitu seni rupa, seni tari dan seni musik. Menurut guru mata pelajaran Seni Budaya, materi seni musik kurang diminati oleh siswa. Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang melatih dan mengajarkan guru untuk menggunakan media pembelajaran bagi siswa. Media pembelajaran yang peneliti anggap sesuai untuk siswa SMP Negeri 1 Geneng Ngawi adalah permainan, dalam hal ini peneliti menamakan permainan dengan nama ”Bola Nada”. Penelitian ini memiliki 2 rumusan masalah utama yaitu: (1) Bagaimana bentuk media bola nada dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Geneng Ngawi? (2) Bagaimana pengaruh permainan bola dalam pembelajaran notasi di SMP Negeri 1 Geneng Ngawi?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan  pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan bola nada terhadap pembelajaran membaca notasi dalam mata pelajaran seni budaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB di SMP Negeri 1 Geneng Ngawi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan bola nada berpengaruh sebagai media pembelajaran notasi balok. Hasil tersebut sudah sesuai dengan hipotesis yang telah diajukan H_o dan H_a, bahwa dapat dikatakan berhasil apabila hasil postest siswa melampaui SKM (Standart Ketuntasan Minimal) mata pelajaran Seni Budaya yaitu 75. Hal ini terbukti pada rata-rata nilai pretest ketuntasan siswa kelas kontrol sebesar 58,4 atau 60,5% sedangkan nilai postest ketuntasan siswa pada kelas kontrol sebesar 62,63 atau 62,6% dapat kita ketahui bahwa ada kenaikan nilai sebesar 2,1% terhadap kelas kontrol. Sedangkan pada kelas eksperimen atau kelas yang mendapatkan perlakuan diketahui nilai pretest sebesar 54,2 atau 54% dan nilai post test sebesar 91,5 atau 91,5% dapat diketahui bahwa ada kenaikan nilai sebesar 37,5% untuk kelas eksperimen atau kelas yang mendapatkan perlakuan. Dari perbandingan nilai diatas dapat diketahui bahwa permainanbola nada dapat berpengaruh pada siswa dalam pembelajaran notasi adalah sebesar 28,9%

Kata kunci : Pembelajaran, Media


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.