MATERI PEMBELAJARAN TEKNIK GHOST NOTE PADA KELAS PRIVATE DRUM DI SEKOLAH MUSIK JAZZ CENTRUM SURABAYA

GILANG ARAFAH

Abstract


Drum set adalah bagian dari instrumen perkusi yang bersifat ritmik dan berfungsi sebagai pembawa tempo dalam band atau ansambel. Menurut klasifikasinya, instrumen drum set digolongkan sebagai instrumen perkusi yang tidak bernada. Teknik permainan pada instrumen drum set berkembang seiring dengan perkembangan musik Jazz di New Orleans. Salah satu elemen penting dalam musik Jazz adalah keinginan untuk berimprovisasi. Improvisasi merupakan kebebasan dalam bermain musik yang menggunakan teknik tertentu untuk menciptakan sesuatu yang berbeda, namun ada aturan yang harus dipahami, sehingga produk improvisasi dapat terdengar indah dan harmonis. Improvisasi juga bersifat ekspresif, sehingga baik buruknya permainan improvisasi sangat ditentukan oleh kondisi emosi dan perasaan seseorang yang memainkannya.
Salah satu bentuk improvisasi yang terdapat pada pembelajaran drum set adalah teknik Ghost Note. dimana teknik ini masih jarang ditemukan keberadaannya di beberapa sekolah musik. Teknik Ghost Note merupakan sebuah teknik variasi memukul drum yang dapat ditemukan pada musik Jazz, Funk dan Fussion. Sekolah musik yang menerapkan materi teknik ini adalah Jazz Centrum. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pembelajaran drum di Jazz Centrum. (2) Memahami penerapan teknik Ghost Note pada drum di sekolah musik Jazz Centrum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Spradley yaitu analisis domain dan taksonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ghost Note adalah sebuah notasi yang memiliki nilai pasti seperti notasi pada umumnya, namun dimainkan dengan cara yang lembut bahkan terkadang hampir tidak terdengar. Ghost Note di lambangkan dengan tanda kurung “()” yang terdapat pada kepala note. Ghost Note  paling sering dimainkan oleh snare drum yang terdiri dari note 1/8, dan 1/16. Teknik  yang paling mendasar yaitu memahami dinamika pada saat memukul stik drum atau yang disebut stick control. Langkah kedua yaitu membuat pola ritme 8 beat, yang disertai aksen agar membentuk suatu dinamika. Untuk menciptakan suasana groove,  dibutuhkan pola latihan rudiment, berupa single stroke, double stroke maupun paradiddle yang dapat diterapkan pada irama 8 beat. Metode yang  digunakan adalah metode repetisi dan demonstrasi dengan metode ini siswa lebih cepat menghafal pola irama sesuai dengan instruksi guru. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ghost Note terbentuk dari aplikasi dinamika keras dan lembut pada pukulan stik drum yang diterapkan pada pola irama dengan menggunakan unsur latihan rudiment.

Kata kunci : Teknik drum, Ghost Note, Jazz Centrum


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.