METODE DEWEY (KOMUNIKATIF, KONSTRUKTIF, INVESTIGATIF, ARTISTIK) PADA PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK ANAK USIA DINI DI KELAS LITTLE MOZART IM MUSIC SCHOOL SURABAYA

ISABELLA IRENE ANANDA, ANIK JUWARIYAH

Abstract


Saat ini pendidikan dapat ditempuh sedini mungkin baik secara formal maupun nonformal. Banyak lembaga musik di Surabaya yang menawarkan pendidikan untuk anak usia dini seperti Yamaha, Quatro, Raxton Music School namun yang menarik adalah lembaga IM Music School dengan metode Dewey yang berpusat pada perhatian dan insting anak yang meliputi insting komunikatif, konstruktif, investigatif dan artistik. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk perencanaan pembelajaran? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran? Bagaimana hasil pembelajaran menggunakan metode Dewey?
Tujuan dari penulisan karya tulis ini ialah untuk memberikan gambaran kepada masyarakat khususnya para guru dan instansi musik bahwa metode Dewey dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk anak usia dini. Teori yang mendukung penelitian ini antara lain yaitu teori belajar seperti metode pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data antara lain ialah wawancara, observasi, dokumentasi dan perekaman.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk perencanaan pembelajaran untuk kelas musik Little Mozart antara lain menggunakan materi berupa buku, CD/DVD, flashcard, boneka dengan metode Dewey, demontrasi dan praktikum. Model pembelajarannya menggunakan explicit nstruction dan media pembelajaran yaitu By Design Learning dengan alokasi waktu 60 menit per tatap muka. Dalam kelas musik Little Mozart, guru telah melaksanakan rancangan yang dibuat sebelumya. Selain itu suasana kelas yang tercipta sangat menyenangakan sehingga membuat anak selalu aktif dan dapat menerima pembelajaran dengan mudah. Hasil evaluasi pembelajaran untuk kelas Little Mozart berupa ujian kenaikan level, konser musik fiesta dan ujian penampilan tengah semester sehingga anak-anak tidak hanya mampu bermain musik dalam kelas namun juga berani untuk tampil di depan umum.

Kata Kunci : Metode Dewey, Pembelajaran Musik, Anak Usia Dini, Little Mozart


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.