METODE PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUBAN KABUPATEN TUBAN

ANDRE ARDIANSYAH, TRISAKTI

Abstract


Ekstrakurikuler Drum Band MTs Negeri Tuban dirintis sejak tahun 1984. Drum Band MTs Negeri Tuban yang bernama “Derap Nada Muslim”, sering mengikuti kejuaraan lomba di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi. Ektrakurikuler Drum Band MTs Negeri Tuban memiliki keunggulan yakni pelatihnya merupakan anggota PDBI, anggota Corps Drum Band Pemkab Kabupaten Tuban. Sebelum berkegiatan ekstrakurikuler, peserta didik diberi latihan fisik yang cukup. Selain itu ditunjang dengan beberapa metode yakni metode ceramah, demonstrasi, latihan bersama, dan praktikum. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode pembelajaran dalam ekstrakurikuler drum band MTs Negeri Tuban? Bagaimana hasil belajar dengan metode pembelajaran dalam ekstrakurikuler drum band MTs Negeri Tuban?
Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana metode yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler drum band. Selain itu menjelaskan bagimana hasil pembelajaran peserta didik setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian yakni metode pembelajaran yang digunakan pada Ekstrakurikuler Drum Band di MTs Negeri Tuban. Data dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam mencari validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah digunakan oleh pelatih untuk memberikan materi tentang dasar-dasar pengenalan alat musik dan notasi balok. Metode demonstrasi dilakukan oleh pelatih yang secara langsung mempraktikkan bagaimana cara memainkan alat musik drum band, yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik. Pada colour guard diberikan materi memegang bendera serta cara latihan fisik berupa lari, push up, sit up. Metode latihan bersama didahului dengan mengelompokkan peserta didik sesuai instrumennya, kemudian melakukan latihan materi lagu yang telah diberikan oleh pelatih dan dilakukan secara berulang-ulang. Metode praktikum digunakan pelatih utama dalam mengamati keseluruhan tiap instrumen dengan menggabungkan semua anggota drum band menjadi satu untuk melihat hasil belajar peserta didik pada saat latihan.

Kata Kunci: Metode pembelajaran, ektstrakurikuler drum band, hasil belajar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.