PEMBELAJARAN TARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SANGGAR TARI ARMY DANCE (ADP) SURABAYA

BAGUS SATRIA JULIARTO, TRISAKTI

Abstract


Sanggar Tari Army Dance Performance (ADP) adalah sanggar tari yang eksis di Surabaya dengan menerapkan salah satu model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Model pembelajaran CTL yang digunakan dalam pembelajaran tari di Sanggar Tari ADP telah membawa sanggar dalam pencapaian prestasi belajar dengan baik. Tujuan pengkajian ini adalah mengkaji pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), dan menjelaskan hasil belajar yang dilakukan sanggar tari Army Dance Performance (ADP) Surabaya.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian pembelajaran tari di Sanggar Tari Army Dance Performance (ADP) Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL dilakukan melalui langkah pembelajaran konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian dalam pembelajaran tari di Sanggar Tari ADP dapat mempermudah pelatih menyampaikan materi pembelajaran dan peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan mudah. Hasil belajar dengan model pembelajaran CTL membuat pembelajaran menjadi efektif dan hasil belajar peserta didik menjadi maksimal yang dibuktikan dengan keberhasilan dalam ujian yang diadakan sanggar. Tolak ukur yang menjadi penilaian adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diberlakukan sanggar. Peserta didik dinyatakan lulus apabila mencapai KKM yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini mengacu pada hasil pembelajaran sanggar Tari ADP dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).

Kata kunci : Pembelajaran tari, model pembelajaran, hasil pembelajaran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.