METODE PEMBELAJARAN PIANO UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN DI YAMAHA MUSIC SCHOOL

DWIYAN PANDAPOTAN, TRISAKTI

Abstract


Musik telah menjadi bentuk komunikasi manusia yang unik, dengan aransemen suara yang terstruktur sangat baik seperti susunan dalam tata bahasa. Musik bisa didengarkan dan dinikmati baik oleh orang yang memiliki pengetahuan tentang musik atau yang awam sama sekali tentang musik. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dengan musik baik secara individu maupun kelompok karena musik menjadi salah satu sisi budaya manusia. Salah satu alat musik yang dapat menghasilkan instrumen-instrumen musik adalah piano. Piano adalah salah satu instrumen musik yang paling banyak digemari dan dipelajari oleh segala tingkatan usia. Piano memiliki karakter yang unik dan selalu dapat dinikmati di setiap masa untuk jenis musik apapun. Kelebihan piano adalah instrumen yang memiliki range nada sangat luas hingga mencapai lebih dari 7 oktaf yang tidak dimiliki oleh instrumen lainnya, karena itu piano mampu menampilkan lagu-lagu ekspresif dengan perbendaharaan nada rendah dan tinggi yang beragam. Salah satu sekolah musik yang memberikan pembelajaran alat musik piano adalah Yamaha Music School Surabaya. Pembelajaran piano yang dilakukan Yamaha Music School Surabayakepada siswanya dapat berjalan dengan efektif apabila memenuhi aspek-aspek dalam pembelajaran piano dalam penelitiannya menyebutkan bahwa dalam belajar piano terdapat beberapa aspek yang diajarkan, yaitu memory singing, hearing, reading, dan finger drill. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pembelajaran piano untuk anak usia bawah 10 tahun khusunya pada anak usia 2 sampai 5 tahun di Yamaha Music School Surabaya berdasarkan aspek-aspek memory singing, hearing, reading, dan finger drill, sehingga nantinya dapat dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap pembelajaran piano yang dilakukan Yamaha Music School Surabaya.
Kata kunci: metode, pembelajaran piano.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.