METODE PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK ANAK-ANAK DI SANGGAR NANIN MUSIC COURSE KOTA KEDIRI

YURIKA DEFVI KARUNIA ASIH, BUDI DHARMAWANPUTRA

Abstract


Sanggar Nanin Music Course (NMC) merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bergerak di bidang pembelajaran musik khususnya vokal. Sanggar ini telah menghasilkan banyak musisi khususnya penyanyi dan juga telah meraih banyak prestasi. Sanggar NMC berdiri pada tanggal 15 Agustus 2008. Keberadaannya sudah dikenal di Kota Kediri. Pengelolaan manajemen sanggar NMC yang baik, perolehan prestasi-prestasi Siti Isnaniyah, dan keikutsertaan Siti Isnaniyah untuk andil di setiap acara-acara khususnya di Kota Kediri menjadikan ia orang yang berperan penting terhadap eksistensi sanggar NMC. Berdasarkan fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan proses pembelajaran vokal untuk anak-anak pada sanggar Nanin Music Course di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian pembelajaran vokal untuk anak-anak di Sanggar NMC Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan untuk memperoleh data yang akurat antara lain triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Metode pembelajaran vokal untuk anak-anak di Sanggar NMC menggunakan metode latihan (drill) dan metode pembelajaran demonstrasi serta menggunakan langkah-langkah pendekatan pembelajaran Student Center Learning (SCL) yang memusatkan proses pembelajaran kepada peserta didik itu sendiri dan dialami langsung. Pembelajaran vokal untuk anak-anak tersebut sudah memenuhi aspek penilaian pembelajaran vokal yang meliputi aspek sikap antara lain kehadiran, kedisiplinan, keaktifan, bersosialisasi, dan sikap badan. Aspek keterampilan meliputi membaca notasi angka, teknik pernapasan, vokalisi, ketepatan menyanyikan lagu, dan ekspresi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yakni pembelajaran vokal untuk anak-anak di sanggar NMC memiliki kualitas yang baik dan memenuhi kriteria pembelajaran SCL yang efektif. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil pembelajaran pada laporan lembar belajar peserta didik yang rata-rata mendapatkan nilai B (baik).
Kata Kunci: pembelajaran vokal, anak-anak, sanggar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.