PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN RLC PADA RANGKAIAN KELISTRIKAN KELAS X DI SMKN 2 SURABAYA.

Mochammad Indra Wahyudi, Munoto . .

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Direct instruction (DI) dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kompetensi dasar menganalisis karakteristik rangkaian RLC. Sasaran penelitian yaitu kelas X AV di SMKN 2 Surabaya tahun ajaran 2013/2014. Penelitian yang dilakukan dengan metode Quasi Experimental dengan desain Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Desaign ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AV di SMKN 2 Surabaya. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yakni kelas siswa kelas X AV 1 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AV 2 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan memperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL sebesar 79,9 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 77,9. Hasil uji-t menunjukan adanya perbedaan hasil belajar dengan harga t hitung sebesar 2,55 yang dikonsultasikan pada t tabel 1,67. Dengan demikian, hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction).

Kata kunci: modelpembelajaranContextual Teaching and Learning(CTL), model pembelajaranlangsung, hasil belajar siswa.

Abstract

 

This research was meant to find out the influence of Contextual Teaching and Learning ( CTL ) against study result of the students compared with a model of learning Direct Instruction ( DI ) and to see how study result of the students who use Contextual Teaching and Learning ( CTL ) on basic competence analyze characteristic of a series RLC. The target of research that is a class of X AV in SMKN 2 Surabaya the academic year 2013 / 2014. The study was performed with a method of quasi experimental with a design pretest-postest nonequivalent control group desaign is aimed to tell the difference of the results of study. The population of this research is all the students in the class X AV SMKN 2 Surabaya. Samples to be taken consisting of two class namely class a student X AV 1 thirty-one people as a class experimentation and graders X AV 2 thirty-one people as a class control

Methods of data collectionin this studywas obtainedthroughstudent learning outcomesareanalyzedby descriptivequantitativeandobtainaverage results ofstudent learningusinglearning modelCTL79.9while the averagestudent learning outcomesusingconventional learning modelof 77.9. The results oft-testshowedthe difference inlearning outcomesat a priceof 2.55tconsultedont table1.67. Thus, the results ofstudent learningusinglearning modelContextual Teaching andLearning(CTL) are better thanthe results ofstudent learningusingdirectinstruction (DI) models.

Key words: learning modelsContextual Teaching andLearning(CTL), learning models of Direct Instruction (DI), student learning outcomes.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro