PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN (AutoPlay Media Studio) SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MEMPERBAIKI CD PLAYER SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Moch Alfan ., Edy Sulistiyo .

Abstract


Abstrak

Membandingkan perangkat pembelajaran dengan media pembelajaran yang tepat merupakan suatu alternatif dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran pada siswa di SMK Negeri 3 Surabaya. Melalui perbandingan perangkat media pembelajaran (AutoPlay Media Studio) diharapkansiswa menjadi lebih aktifsehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan perbandingan yaitu metode penelitian yang menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk.Rancangan ujicoba penelitian yang digunakan adalah The Static-Group Comparison Desain. Pada desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kedua kelas ini akan diberikan pretest dan postest untuk mengetahui gejala yang terjadi setelah diberikan perlakuan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata sebesar 79,06% dari hasil validasi oleh para ahli, (2) Respon siswa terhadap media Autoplay Media Studio secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 87,03%dan termasuk dalam kriteria respon sangat baik, dan (3) Dari Hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 24.451 dan ttabel sebesar 2,07. ini berarti thitung>ttabel, dapat disimpulkan untuk terima H1 dan tolak H0 dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media Autoplay Media Studiolebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Autoplay Media Studio, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Comparing learning devices with appropriate learning media is an alternative to overcome the problems of learning in students of SMK Negeri 3 Surabaya. Through the comparison of instructional media (AutoPlay Media Studio) is expected students to be more active so as to improve learning outcomes.

The method used is the study and comparison of the method of research that produce and test the effectiveness of the product. The design of the study is testing the Static-Group Comparison Design. The design needs to create 2 classes. The classes are experiment class and control class. Each class is given pretest and posttest to figure out symptoms that might happen after teaching actions are given.

The research shows that: 1. Media which is developed is 79.06% from the result validated by the experts, 2.Student response to the media of Autoplay Media Studio as a whole is positive with an average percentage of student response of 87,03% and included in the criteria of very good response, and (3) From the students’ learning outcomes, the researcher figures out that tcount is 24.451 attable is 2.07. This means thitung> tTable, . It shows that tcount >ttable . The conclusion is to receive H1 and to reject H0 with students learning outcomes  usingof media student learning Autoplay Media Studio is higher than direct learning method.

Keywords : Learning Media Autoplay Media Studio, student learning outcomes


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro