PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF – PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Dzikrullah . ., Munoto . .

Abstract


Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Untuk itu dibutuhkan suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran kreatif – produktif. Strategi  pembelajaran ini merupakan strategi yang dikembangkan dengan mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran ini diharapkan dapat menantang siswa untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif sebagai re-kreasi atau pencerminan pemahamannya terhadap masalah/topik yang dikaji.Penelitian ini merupakan penelitian expermental design, dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif apakah cenderung tinggi, sedang, atau rendah (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) apakah cenderung tinggi, sedang, atau rendah (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa kelas X-TEI SMK Negeri 2 Bojonegoro.Hasil penelitian menunjukkan, untuk nilai rerata posttest pada kedua kelas tergolong tinggi dengan nilai kelas eksperimen yang menggunakan strategi kreatif – produktif adalah 82.32, sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan strategi ceramah adalah 74.46. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kreatif – produktif lebih baik dibandingkan menggunakan strategi ceramah.

Kata Kunci: Kreatif-Produktif, Ceramah, Hasil Belajar.

Abstract

Education is a conscious and planned effort to create the learning process which develops the students’ potency actively. A learning strategy which makes the students be involved actively in the learning activity is needed. The learning strategy which is applied in this research is productive – creative learning strategy. This learning strategy is  a strategy which is developed by focusing on various learning approaches. These learning approaches are assumed to be able to improve the quality of learning process. This learning strategy is expected to challenge the students in getting a creative thing as the recreation or reflection of their understanding for the problem /topic which are studied. This research is an experimental design by using non-equivalent control group design. This research aims to find the description of (1) the study result of the students who use creative – productive learning strategy, is high, medium, or low, (2) the study result of the students who use conventional learning (lecturing), is high, medium, or low, (3) to find the effect of using creative – productive learning strategy which compared to conventional learning (lecturing) for students at X-TEI grade of  SMK Negeri 2 Bojonegoro. The result  of the research shows that both classes get high scores in the posttest. It is 82.32 for the experimental class which uses creative – productive learning strategy. It is 74.46 for controlled class which uses lecturing strategy. Therefore, it can be conclude that the use of creative – productive learning strategy is better than lecturing strategy.

Keywords                : Creative – Productive, Lecturing, Study Result.

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro