PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PLC UNTUK APLIKASI KONTROL OTOMATIS PINTU AIR SUNGAI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KONTROL TERPROGRAM DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Muslih . ., Bambang Suprianto .

Abstract


Abstrak

Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang mengaitkan pelajaran yang diterima siswa disekolah dengan kondisi sebenarnya. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di SMKN 3 Surabaya media pembelajaran trainer PLC  yang ada hanya sebatas pengaturan LED Sedangkan siswa SMK dituntut untuk mampu mengembangkan pengetahuannya secara aplikatif sesuai dengan pembelajaran kontekstual

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tahapan: 1) Analisi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk & 7) Analisa dan pelaporan. Untuk mengetahui kelayakan trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai dan jobsheet yang telah dibuat diperoleh dari hasil validasi oleh 5 validator dan respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media tersebut.

Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, penilaian dari validator terhadap media trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai pada semua aspek dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 86%, dan penilaian terhadap media jobsheet pada semua aspek dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating 83,3%. Respon siswa pada semua aspek yang terdapat dalam media trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai dan jobsheet dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 79,1%. Hal ini memperlihatkan bahwa  trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai dan jobsheet yang di hasilkan layak untuk dipakai sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan trainer dan jobsheet, R&D, PLC

Abstract

Contextual learning is a kind of learning method that associate the lesson in the class with actual condition. Based on observation that have been made at SMK Negeri 3 Surabaya there is only learning media PLC trainer to control LED, at the same time the students required to be able to develop the theirs applicable  knowledge based on contextual learning.

This research use research and development (R&D) method. The phase of the this method consist of ten phase, but in this research only used until seventh phase, 1st) Analyzing Problem, 2nd) Collecting Data, 3rd) Designing Product, 4th) Validating Design, 5th) Revising Design, 6th) Field Trial, and 7th) Analyzing and Reporting. To know the properness PLC trainer for application flood gate automatic control and job sheet that already made were known from validation result by five validators and from student’s responses about those media.

Based on the result can be conclude that validation result of the PLC trainer for application flood gate automatic control was very good in all aspect with validation value 86% and the validation result of the job sheet was good in all aspect with validation value 83,3%. Student’s responses in all aspect of the PLC trainer for application flood gate automatic control and job sheet was good with validation value 79,1%. Those result shown that PLC trainer for application flood gate automatic control and job sheet are proper to use as learning media.

Keywords: trainer and job sheet developing, R&D, PLC

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro