PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN SOFTWARE MULTISIM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

Kiki Rizki Juwita Sari, Munoto . .

Abstract


Abstrak

Tujuan Dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak, meningkatkan aktivitas siswa serta mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran teknik elektronika di SMKN 1 Kediri.

Penelitian ini melalui pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan model pemngembangan Research and Development (R&D), selanjutnya mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 32 siswa kelas X TAV 2 SMK Negeri 1 Kediri. Rancangan dalam uji coba menggunakan one group pretest-postest design.

Hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Penilaian (LP) dan bahan ajar dikategorikan baik. Aktivitas siswa dapat dilihat dari pertemuan pertama memperoleh persentase sebesar 81,08%, pada pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 81,75% dan pada pertemuan ketiga memperoleh persentase sebesar 82,86% dan mendapatkan kategori baik. Persentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 82,03%, persentase ketuntasan belajar keterampilan proses siswa sebesar 82,03% dan persentase keterampilan psikomotor siswa sebesar 94,45%.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division (STAD), aktivitas siswa, hasil belajar.

Abstract

This research aims to create the feasible learning set, improve students’ activities, and find the Students’study result which consist of cognitive and skill in the electronical engineering subject at SMKN 1 Kediri.

This research is conducted through developing the learning set by using Student Team-Achievement Division (STAD) as cooperative learning model to improve Students’ activities and study result. This research uses Research and Development (R&D) model. The learning set is tried out for the 32 students of tenth grade TAV 2 at SMK Negeri 1 Kediri. The design of the try out is one group pretest-posttest design.

The result of the research shows that the learning set by using Student Team-Achievement Division (STAD) as cooperative learning model to improve the students’activities and study result which consist of lesson plan, scoring sheet, and learning materials are categorized into good. The students’ activities can be seen in the first meeting by getting the percentage for 81.08%. it becomes 81.75% in the second meeting. It becomes 82.86% in the third meeting and get a good category. The percentage of the students’ cognitive learning is 82.03%. The percentage of the students’ process skill is 93.98%. The percentage of students’ psycometric skill is 94.45%.

Keywords: Students teams-achievement division (STAD) as the cooperative learning model, students’ activities, students study result.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro