PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Vivit Febrian Danang Priandana, I Gusti Putu Asto B

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) mengetahui kelayakan, (2) mengetahui respon siswa, dan (3) untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia Flash.

Metode penelitian pada penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D), menggunakan desain penelitian One-shot Case. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba pemakaian, (7) analisa dan pelaporan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan melibatkan 32 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan soal tes untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa.

Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia Flash dengan hasil rating 79,75% termasuk dalam kategori baik atau layak. Respon dari siswa untuk media pembelajaran interaktif adalah 84,23% termasuk dalam kategori baik, dan hasil kelulusan belajar siswa adalah 93,3% termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbantuan software Macromedia Flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika baik dan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran karena setiap aspek penilaian yaitu kelayakan, respon siswa mendapatkan kategori baik dan hasil kelulusan mendapatkan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, Kelayakan, R&D.

Abstract

The purpose of research development of interactive learning media with Macromedia Flash software this is to obtain a description of (1) to know the feasibility, (2) to know the students' responses, and (3) to know the graduation rate of students by using interactive learning media with Macromedia Flash software.

The method used in this research is the development or research and development (R & D) by using One-shot Case studies design. Stages in the process of this study include (1) potential and problems (2) data collecting (3) product design (4) design validation (5) revisions design (6) trial usage (7) analysis and reporting. This research was conducted in of SMK Negeri 2 Bojonegoro, involving 32 students. The methods used for data collection was a questionnaire and test questions to determine the level of students' graduation.

In this research, the results of the feasibility of interactive learning media with Macromedia Flash software with a rating of 79.75% results are included in the category of good or feasible. The response of the students to interactive learning media is 84.23% included in good categories, and the results of student learning graduation is 93.3% included in the excellent category. It can be concluded an interactive learning media with Macromedia Flash software on the basis of competence to apply various basic gate logic circuit fit for use as a medium in the learning process because every assessment aspect that the feasibility, students get a response good category and the results of graduation get excellent category.

Keywords: Development, Learning Media, Interactive, Feasibility, R&D.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro