PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

Rachmat Hidayatullah ., Subuh Isnur Haryudo

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di kelas XI dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) di SMK Negeri 3 Jombang, dan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Jombang yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)  pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Jenis metode penelitian dari judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Dengan Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Di SMK Negeri 3 Jombang” adalah eksperimen semu (quasi-experimental research) karena tidak semua variabel dalam penelitian ini dapat dikontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan aktivitas siswa di kelas XI dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) di SMK Negeri 3 Jombang mengalami peningkatan dari pertemuan pertama 77.06 hingga pertemuan terakhir mencapai 90.14 dengan nilai rata-rata dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir yaitu 83.75. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang signifikan pada ranah kognitif mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 62,80 dan nilai rata-rata post-test sebesar 76,94. Untuk hasil belajar ranah afektif mendapatkan kriteria baik dengan nilai rata-rata tiap indikator adalah sebesar 83,38. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor juga mendapatkan kriteria penilaian sangat baik dengan nilai rata-rata praktikum adalah sebesar 80,25.

Kata Kunci : model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization), perangkat pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dan hasil belajar

Abstract

The purpose of this study is: (1) To increase the activity of students in class XI with cooperative learning of Team Assisted Individualization (TAI) in SMK Negeri 3 Jombang, and (2) To determine the increase student learning outcomes SMK Negeri 3 Jombang that learned using learning Team Assisted Individualization (TAI)) on the subjects of the electric lighting installation. Types of research methods of the title "Implementation Study of a Learning Model Team Assisted Individualization (TAI) In Subjects Installing of an ligthing in SMK Negeri 3 Jombang" is a quasi-experimental ( quasi - experimental research) because not all of the variables in this study can be controlled. The results showed that: (1) increased the activity of students in class XI with cooperative learning of Team Assisted Individualization (TAI) in SMK Negeri 3 Jombang increased from the first meeting 77.06 until reaching the last meeting 90.14 with the average value of the first meeting to the last meeting that 83.75 (2) There is an increase in significant student learning outcomes in the cognitive obtain the average value of the pre-test of  62,80 and the average value of the post-test of  76,94. For affective learning outcomes get both criteria with an average value of each indicator is equal to 83,38. While the psychomotor learning outcomes also get very good assessment criteria with an average practicum value of 80.25.

Keywords: Learning model Team Assisted Individualization (TAI),  learning device Team Assisted Individualization (TAI) and learning outcomes.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro