PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN MESIN LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Maulidia Sani ., Joko . .

Abstract


Abstrak

Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik merupakan salah satu mata kuliah di Jurusan Elektro Universitas negeri Surabaya. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut mampu memahami secara teori dan mampu melaksanakan Pratek. Sumber belajar yang digunakan mahasiswa adalah berupa handout dan slide powerpoint dari dosen. Dengan adanya pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada materi perbaikan motor induksi tiga phasa diharapkan akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian  ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pada mata kuliah pemeliharaan dan perbaikan mesin listrik  di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa 2 jenis modul yaitu: modul mahasiswa dan modul dosen. Untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran pada materi motor induksi 3 phasa yang dikembangkan, dilakukan (1) validasi modul oleh 2 validator, (2) respon mahasiswa terhadap modul  (3) analisis hasil belajar mahasiswa dari aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotor. Hasil rating validasi terhadap modul pembelajaran mencapai 87,86% atau kategori sangat valid, hasil rating respon mahasiswa mencapai 79,46% atau kategori valid. Sedangkan hasil belajar  untuk aspek afektif mencapai 76,96, aspek kognitif mencapai 81,29, aspek psikomotor mencapai  75,48 dan secara keseluruhan rata-rata hasil belajar mencapai 77,91 atau kategori tuntas. Simpulan pada penelitian ini bahwa modul pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah pemeliharaan dan perbaikan mesin listrik  yang dikembangkan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya.

Kata kunci: modul pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek, dan   kelayakan

Abstrac

Maintenance and Repair Electrical Engineering is one of the subjects in the Department of Electrical Engineering University of Surabaya country. In this course students are required to understand theoretically capable and able to carry out Pratik. Learning resources used by the student is in the form of handouts and powerpoint slides of the lecturer. With the development of project-based learning module on the material improvement of the three-phase induction motors is expected to be very helpful in the learning process. This type of research is the development of research. This research aims to produce learning modules in the course of maintenance and repair of electrical machines in the Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya. The experiments was conducted at the Faculty of Engineering Department of Electrical Engineering in the odd semester of the academic year 2014/2015.The products produced in this study of two types of modules, namely: the module students and faculty module. To determine the feasibility of the learning module on material 3 phase induction motor that is developed, conducted (1) validation module by 2 validator, (2) the student's response to the module (3) analysis of student results from the aspect of affective, cognitive, and psychomotor aspects. The results of the validation of the learning module rating reached 87.86% or category of very valid, the results of student response rating reached 79.46% or valid category. While the affective aspects of learning outcomes for achieving 76.96, cognitive aspects reached 81.29, psychomotor aspects reached  75.48 and the overall average learning outcomes reached 77.91 or complete category. The conclusions in this study that the project-based learning modules in the course of maintenance and repair of electrical machines developed fit for use as a learning tool in the Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya.

Key words: learning module, project-based learning, and feasibility


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro