PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATA DIKLAT PLC DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 LAMONGAN

Eko Prastyo ., Nurhayati . .

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 pada standar kompetensi memprogram peralatan sistem pengendali elektronik yang berkaitan dengan I/O berbantuan PLC dan komputer di SMK Negeri 2 Lamongan. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan media, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap media.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D, yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun dalam pelaksanaannya tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan penelitian. Tingkat kelayakan media interaktif dilihat dari nilai rata-rata validasi dari para ahli. Kemudian dilakukan uji coba terbatas kepada 35 siswa Jurusan Teknik Elekronika Industri untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 yang dikembangkan dikategorikan layak digunakan dengan rata-rata hasil rating sebesar 79,5% untuk desain media dan rata-rata hasil rating sebesar 82,05% untuk validasi soal media pembelajaran. Dari hasil belajar siswa didapatkan thitung<ttabel dimana besar nilai thitung = -16,24 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah      -1,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa setelah menggunakan media interaktif PLC. Penilaian respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media pembelajaran interaktif dan butir soal masuk ke dalam kategori sangat menarik dengan hasil rating sebesar 84,49%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS3, PLC

 

Abstract

This research aim to develop an interactive learning media using Adobe Flash CS3 on competency of memprogram peralatan sistem pengendali elektronik yang berkaitan dengan I/O berbantuan PLC dan komputer at SMK Negeri 2 Lamongan. In addition, this study was conducted to determine the feasibility of media, the result of students learning, and students' response to the media.

The method used in this research is 4D models, (1) Define (definition), (2) Design (Design), (3) Develop (Development), and Disseminate (Spread). However, in practice the disseminate phase is not done because of the limitations of the study. The feasibility of interactive media seen from the average value of the validation of the experts. Then be tested is limited to 35 students of Electronics Engineering Department to determine learning outcomes and student responses to the instructional media developed.

The results show that interactive learning media using Adobe Flash CS3 developed categorized feasible to use, the result of an average rating is about 79.5% for media design and an average rating is about 82.05% for the questions learning media of valuation validator. The result of Student’s learning obtained tcount<ttable with a significance level α = 0,05 the student in experimental class obtained -16.24 for tcount and -1.68 for ttable. So it can be concluded that an increase in student learning outcomes after using interactive media PLC. Assessment student responses on the overall aspects of the interactive learning media and items into the category of very interesting with a rating of 84.49% results.

Keywords: Interactive Learning Media, Adobe Flash CS3, PLC


 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro