PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) BERBANTUAN SOFTWARE PROTEUS UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI BELAJAR SISWA

Dicky Mahesa Putra, Lusia Rakhmawati .

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 serta kemampuan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran self-directed learning (SDL) berbantuan software simulasi Proteus. Penelitian ini akan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran model SDL berbantuan software Proteus, respon siswa, hasil belajar yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Elektronika Dasar.

Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yakni: (1) studi pendahuluan, (2) merancang desain perangkat pembelajaran model SDL, (3) validasi dan revisi, dan (4) ujicoba perangkat pembelajaran pada siswa kelas X jurusan audio video SMK Negeri 5 Surabaya dan revisi final. Desain ujicoba empiris menggunakan The One Group Pretest-Postest Design. Untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah mengikuti proses belajar SDL dengan bantuan software Proteus, maka pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan teknik uji-t.

Hasil penelitian berupa hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan yakni Silabus, RPP, Modul, LP, dan Lembar Angket Respon peserta didik berkategori baik dan layak digunakan. Respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dinyatakan positif dengan prosentase respon sebesar 84,4%. Ketuntasan belajar klasikal pada kompetensi pengetahuan sebesar 61,29%. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran SDL.

Kata kunci: kompetensi belajar siswa, model belajar self directed-learning, software Proteus

Abstract

The aim of this research is to develop instructional materials which relevant with 2013 curriculum and ability of student use a self-directed learning model (SDL) and Proteus software simulation. This research will describe instructional materials quality that use a SDL model, student response, result of an educational learning processes include attitude competence, knowledge, skill, and learning autonomy student in the fundamental electronics subject matter.

This research include four step, that is: (1) front-end analysis, (2) designing instructional materials that use SDL model, (3) validation and revision, dan (4) testing instructional materials on Surabaya vocational high school electronics students and final revision. The design of instructional materials field testing is The One Group Pretest-Postest Design. To know the different between result competence before and after following the study process with SDL model assisted by Proteus software, then in this research is used t-test statistics analysis.

The results of this research are validation ratings of instructional materials that were Syllabus, Lesson Plan, Module, Assesment sheets, and Student Response Sheet are well-categorized and suitable for use. Students Response concerning in learning process are positive with rating percentage amount 84,4%. Classical completeness percentage of knowledge competence amount 61,29%. There is different result of students knowledge competence after followed SDL process.

Keywords: student learning competence, self directed-learning model, Proteus software.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro